UMAR BIN KHOTHTHOB (bagian 1)
Silsilah Keluarga Umar bin Khattab – Pra Islam
Silsilah
Keluarga
Tanggal pasti kelahiran Umar tidak diketahui. Menurut berbagai pendapat
disebutkan bahwa Umar lahir di Mekkah sekitar 580 Masehi Dia lebih muda dari
Nabi Muhammad yaitu sekitar sepuluh tahun.
Umar adalah keturunan suku Adi dari Quraisy. Itu adalah salah satu dari
sepuluh suku dari Quraisy yang berada di Mekkah.
Silsilah Umar bin Khattab dari Ayah
Nasab Umar adalah: Umar bin Khattab; bin
Nufail; bin Abul Uzza; bin Riza; bin ribah; bin Qurat; bin
Adi; bin Ka'b.
Nasab Nabi Muhammad adalah: Muhammad (SAW) bin Abdullah; bin Abdul
Muthalib; bin Hashim; bin Abd
Munaf; bin Qussay; bin Kulab; bin Ka'b.
Dalam hubungan Abu Bakar dan Nabi, Pertemuan nasab di tingkat kedelapan
nenek moyang mereka. Sedangkan Nabi dan Umar, Ka'b di tingkat kesembilan adalah
nenek moyang mereka.
Di antara nenek moyang Umar, Adi menjadi terkenal sebagai diplomat, dan
menjadi dikenal setelahnya. Setiap kali Quraisy bernegosiasi harus bersama
dengan suku lainnya, Adi mewakili kepentingan Quraisy sebagai duta. Bahkan
dalam kasus sengketa antara Quraish sendiri, Adi bertindak sebagai penengah.
Setelah kematian Adi dua rumah perundingan dan posisi Penengah dilanjutkan
kepada keturunannya.
Kakek Umar Nufail menjadi penengah dalam sengketa antara Abdul Muthalib,
kakek Nabi dan Harab bin Umayyah dalam kasus perwalian untuk Ka'bah. Nufail
memberi putusan yang mendukung Abdul Muthalib. Menghadapi Harab bin Umayyah ia
berkata:
"Mengapa Anda memilih bertengkar dengan orang yang lebih tinggi
dari Anda posisinya; yang lebih mengesankan daripada Anda dalam penampilan,
lebih halus daripada Anda dalam intelektual; yang keturunan Anda kalah
jumlahnya dan yang kemurahan hati mengalahkan Anda dalam kemashyurannya,
bagaimanapun, menafsirkan ini adalah penghinaan untuk sifat baik Anda yang saya
sangat menghargainya. Anda lemah lembut bagaikan anak domba, Anda terkenal di
seluruh Saudi dengan nada nyaring suara Anda, dan Anda adalah aset bagi suku
Anda. "
Perkataan ini merupakan indikasi keterampilan Nufail dalam diplomasi dan
sangat maju dalam penghakiman.
Khattab adalah ayah dari Umar yang merupakan salah satu anggota
terkemuka dari Bani Adis. Banu Adis memiliki beberapa permusuhan dengan Bani
Abdul Syams. Bani Abdul Syams lebih kuat dalam kekuasaan dan posisi, dan Banu
Adis dalam keamanan harus mencari sekutu dengan beberapa suku lainnya. Mereka
bersekutu dengan Banu Shams. Pada aliansi ini, Khattab menyusun ayat-ayat
berikut:
"Bagaimana bisa Abdul Syams masih mengancam kita, Ketika orang
lain berbesar hati mendukung perjuangan kita? Di lorong-lorong Banu Shams ada
prajurit perkasa,
Yang keramahan dan perlindungannya kita nikmati."
Yang keramahan dan perlindungannya kita nikmati."
Rumah di mana Umar lahir di Mekah terletak di tengah antara Safa dan
Marwah. Selama periode khalifah, rumah Umar telah dibongkar, dan peninggalannya
berubah menjadi perkemahan.
Ibu Umar adalah Khantamah yang adalah putri dari Hisyam bin al-Mughirah.
Al-Mughirah adalah tokoh tinggi di antara Quraish. Dalam hal perang ia menyusun
barisan pasukan Quraisy dan memimpin mereka untuk perang. Hisyam kakek Umar
dari ibu dan al-Walid ayah dari Khalid adalah saudara. Khalid Al-Walid
demikian adalah sepupu ibu Umar dan paman Umar dari pihak ibu.
Abu Jahal yang secara pribadi bernama Amr bin Hisyam al-Mughirah bir
adalah saudara ibu Umar, dan paman Umar dari pihak ibu. Salah satu saudara dari
ibu Umar, Ummu Salma menikah dengan Nabi Suci Umat Islam.
Umar memiliki beberapa saudara dan saudari. Yang paling terkenal darinya
adalah: Zaid dan Fatima. Zaid dan Umar saudara sebapa, ibu mereka berbeda.
Namun demikian dua bersaudara itu dikhususkan untuk satu sama lain. Ketika Zaid
kemudian syahid di pertempuran Yamama selama kekhalifahan Abu Bakar, Umar
sangat sedih. Dia sering berkata,
"Setiap kali angin bertiup dari Yamama, itu membawakan saya
aroma Zaid."
Fatima adalah adik kandung Umar. Dia menikah dengan sepupunya Said bin
Zaid bin Amr. Dia memainkan peran penting dalam masuknya Umar pada Islam.
Amr, saudara dari Khattab adalah paman dari Umar. Zaid bin Amr adalah
sepupu dari Umar adalah di antara orang-orang terkemuka dari Quraisy, yang
sebelum kedatangan Islam menyerah penyembahan berhala, lalu beriman untuk
percaya pada keesaan Allah. Zaid adalah seorang penyair. Salah satu puisinya
berbunyi:
"Saya percaya pada satu Tuhan, Aku tidak percaya dalam seribu
dewa. Aku mengabaikan berhala Lata dan Uzza, Orang bijak dan hati-hati bisa
melakukan tidak lebih."
Khattab ayah dari Umar menganiaya Zaid untuk keyakinan agamanya. Zaid
meninggal sebelum Nabi Muhammad SAW mengumumkan kenabiannya. Ketika Nabi
menyatakan kenabiannya, Anaknya Said bin Zaid yang telah menikahi adik Umar
Fatima, adalah salah satu di antara pemeluk pertama Agama Islam.
Kisah Umar Dalam Masa Jahiliyah
Tidak ada kisah yang di simpan tentang kehidupan awal Umar selama masa
jahiliyah. Umar berasal dari keluarga biasa rata-rata dan tidak ada yang
mencolok tentang Umar atau keluarganya selama masa jahiliyah yang disimpan atau
dicatat. Kita hanya dapat mengambil kisah yang menyebar di sana-sini, dan
mencoba untuk menenunnya ke dalam sebuah narasi yang dapat dibaca.
Tampaknya Umar dibesarkan sebagai seorang pemuda jangkung khas Arab
dengan fisik yang baik dan kepribadian yang mengesankan. Ketika ia masih kecil
ayahnya menempatkan dia pada tugas menggembala unta. Khattab adalah seorang
pemberi tugas yang sulit, dan Umar sering teringat bagaimana ayahnya berkali
kali menghantam tanpa ampun setiap kali ada salah di pihaknya. Umar juga ingat
bahwa ketika ia masih kecil ia digunakan untuk menggembala kawanan kambing dan
domba dari bibi pihak ibu yang membagi-bagikan sedikit sekali kepadanya dalam
pembagian.
Sebagai seorang anak, Umar dipekerjakan untuk merumput hewan di bawah
tanggung jawabnya di tanah penggembalaan Dajnan, sekitar sepuluh mil dari
Mekah. Ketika Umar menjadi Khalifa, ia kebetulan melewati Dajnan. Beralih
kepada para sahabat ia berkata:
"Langit Anggun! Ada waktu ketika saya dipekerjakan untuk
berkeliaran gurun ini sebagai pengembala unta, mengenakan jaket bulu, dan
setiap kali aku duduk lelah ayah saya memukuli saya. Sekarang zaman telah
berubah. Saat ini sudah ada satu pun yang menggantikan Allah sebagai atasan
saya. "
Di antara Quraisy pada hari itu, membaca dan menulis tidak termasuk
kebiasaan. Terlepas dari itu Umar menerima pendidikan dalam membaca dan menulis.
Hal ini terkait bahwa di antara Quraisy Mekah hanya tujuh belas orang bisa
membaca dan menulis, dan Umar adalah salah satu dari mereka. Yang harus diakui
sebagai pencapaian besar.
Ayah Umar adalah penulis dalam melacak silsilah nasab. Di bawah
bimbingan ayahnya, Umar juga memperoleh keterampilan yang tak tertandingi dalam
hal studi silsilah.
Umar tahu betul siapa siapa saja di antara Quraish. Ia juga fasih dalam
pengetahuan tentang sejarah Arabia.
Umar dikaruniai fisik yang kuat. Dia bisa menjalani kerasnya cuaca
dingin. Dia bisa melakukan perjalanan dengan berjalan kaki untuk bermilmil. Dia
adalah seorang atlet dan pegulat. Dia berpartisipasi dalam pertandingan gulat
pada kesempatan pameran tahunan di Ukaz, dan ia menang di sebagian besar
pertandingan tersebut. Dari riwayat yang telah sampai kepada kita tampak bahwa
Umar telah mencapai kesempurnaan dalam seni gulat.
Beberapa gambaran tentang penampilan fisik Umar telah sampai kepada
kita. Ibnu Saad dan al-Hakim telah mencatat deskripsi Umar dari Abu Miriam Zir,
yang berasal dari Kufah menggambarkan dia. Zir mengatakan:
"Aku berangkat dengan orang-orang dari Madinah pada hari
festival, dan aku melihat Umar berjalan tanpa alas kaki. Dia mahir selama
bertahun tahun, botak, berkulit coklat-pria tangan kiri, tinggi, dan menjulang
di atas orang-orang."
Ibnu Umar menggambarkan penampilan fisik Umar sebagai berikut:
"Dia adalah seorang pria berkulit lumayan, warna kemerahan yang
umun, tinggi, botak dan abu-abu."
Ubayd bin Umair dijelaskan Umar sebagai berikut:
"Umar melampaui orang-orang dalam ketinggian."
Salima bin al-Akwa'a mengatakan tentang dia:
"Umar adalah bisa menggunakan kedua tangannya sama baiknya."
Ibnu Asakir mencatat pada tulisan dari Abu Raja al-U'taridi bahwa:
"Umar adalah seorang pria tinggi, gemuk, botak sangat, sangat
kemerahan dengan rambut minim di pipi, kumisnya besar, dan ujungnya
kemerahan."
Umar adalah seorang pengendara yang terampil. Dia berhasil bisa
menunggang bahkan kuda terliar ia akan benar-benar melompat di punggung kuda,
dan duduk dengan kemudahan dan kemantapan bahwa ia tampaknya menjadi bagian tak
terpisahkan dari kuda yang dia naiki.
Dia sangat cerdas dan cerdik. Dia adalah seorang pembicara publik yang
baik. Dia dikaruniai dengan bakat kebijaksanaan yang tidak biasa dan penghakiman,
dan pada beberapa kesempatan ia berhasil melakukan misi duta atas nama Quraisy.
Dengan semua orang ia sendiri menghormati, berwawasan luas dan tulus.
Dia adalah seorang pria dari keyakinan yang kuat, seorang teman baik, dan musuh
yang buruk. Seperti perbukitan terjal di sekelilingnya, ia keras dan tegas,
kekerasan di marah, tapi sangat baik hati. Dia selalu siap untuk berdiri
melawan penindas dan mendukung yang lemah.
Dia pernah mengikuti profesi perniagaan. Dia melakukan perjalanan ke
Suriah, Irak, Yaman, dan di tempat lain untuk tujuan perdagangan. Dia adalah
seorang pedagang yang sukses, dan ia membuat uang dengan baik sebagai hasil
dari perjalanan komersial. Ketika Umar Hijrah dari Mekah, menurut riwayat
tersendiri, dia adalah salah satu dari para pedagang Quraish terkaya.
Dalam bukunya, Akhbar-ul-Zaman, dan Kitab-ul-Ausat sejarawan terkenal
Masudi dianggap telah terkait dengan kejadian dari perjalanan Umar, Masudi
menyatakan bahwa Umar melakukan kunjungan ke beberapa pangeran Arab dan Persia.
Buku-buku dari Masudi bagaimanapun telah hilang, dan rincian perjalanan ini
tidak lagi tersedia untuk kita.
Sebelum masuk Islam, Umar memiliki tiga istri. Istri pertamanya adalah
Qariba binti Abi Umayyah al-Makhzumi. Dia berasal dari suku yang sama dengan
ibu Umar. Dia adalah salah satu wanita paling cantik di Mekkah pada hari itu.
Istri keduanya adalah Zainab binti Maziun. Dia adalah adik dari Usman binti
Maz'un seorang sahabat awal yang Nabi saw berikan penghormatan besar. Dia
adalah ibu dari Abdullah dan Hafsa. Istri ketiganya adalah Malaika binti Jarul
al-Khuzai. Dia juga disebut Umm Kulsum.
Kisah Umar Memeluk Islam
Ketika Nabi (SAW) menyatakan Islam, reaksi dari Quraish sangat keras.
Umar, seorang pemuda dari keyakinan yang kuat, melihat sebuah iman baru yang
menjadi penistaan untuk berhala
Kabah. Muda, tegap, dan berapi-api-marah karenanya, Umar berada di garis depan
yang menentang Islam.
Beberapa riwayat telah sampai kepada kita menunjukkan sikap Umar
terhadap Islam pada hari-hari sebelum pertobatannya. Umar telah meriwayatkan
bahwa pada masa jahiliyah di satu hari dia berdiri di dekat Berhala termasuk
dengan sejumlah Quraisy ketika seorang Arab mengorbankan anak sapi. Dari perut
anak sapi teriakan berikut terdengar:
"Wahai yang berdarah merah, Amal telah dilakukan. Seorang pria
akan menangis
Disamping Allah, tidak ada."
Disamping Allah, tidak ada."
Ini dikuatkan dari yang dikatakan Nabi (SAW). Umar, bagaimanapun,
menolak seruan sebagai halusinasi belaka.
Hal ini ada pada catatan bahwa bersama dengan beberapa orang Arab Umar
pergi ke dukun, dan memintanya untuk melihat ke dalam masalah Muhammad (SAW)
yang telah memproklamirkan iman baru. Dukun menerawang untuk waktu yang lama.
Lalu ia melompat dan berkata:
"Hai manusia, Allah telah dihormati dan dipilih Muhammad, Dimurnikan
jantung dan isi perutnya. Dia tinggal, di antara kamu, Wahai para pria ini tak
akan lama lagi. "
Umar mengutuk dukun dan kembali ke rumah menyerobot dan marah.
Lubna, seorang hamba pembantu dari Umar, menerima Islam. Ketika Umar
datang untuk meminta pertobatannya, ia memukulinya keras dan memintanya untuk
taubat. Dia mengatakan bahwa ia mungkin membunuhnya, tapi dia tidak akan
meninggalkan Islam. Setelah itu menjadi kebiasaan dari Umar bahwa ia akan
memukulnya setiap hari dan tidak akan berhenti sampai ia sendiri merasa
kelelahan. Terlepas dari itu, sang gadis budak tetap teguh pada keimananya.
Umm Abdullah binti Khatamah, seorang wanita yang berhubungan dengan
Umar, juga menerima Islam. Umar sangat marah. Saat ia bersama suaminya Amar bin
Rabiah dan mualaf awal lainnya memutuskan untuk Hijrah ke Habasyah, Umar merasa
tergerak. Ia mengunjungi dia dan berkata,
"Umm Abdullah kau pergi?"
Dia mengatakan, "Demi Tuhan, Anda telah membuat hidup kita
di Mekah sangat sulit. . Tidak ada pilihan dengan kita, tetapi untuk Hijrah ke
tempat lain "
Secara tidak sengaja Umar berkata, "Umm Abdullah, semoga
Allah melindungi Anda;. Pergilah dalam damai"
Saat itu Umm Abdullah merasa bahwa meskipun Umar penentang Islam, suatu
hari ia akan menerima iman yang baru itu.
Kami memilikinya pada tulisan Umar sendiri bahwa suatu hari ia menemukan
Nabi di Ka'bah. Nabi membacakan ayat-ayat dari Al-Qur'an dan Umar mendengarkan
ayat-ayat ini ia merasa dalam hati bahwa itu adalah karya beberapa penyair.
Kemudian Nabi membacakan,
"Ini adalah firman Allah yang dinyatakan, itu bukan pekerjaan
penyair namun kamu adalah orang yang tidak percaya."
Kemudian Umar merasa bahwa jika ini bukan karya penyair pasti karya
penyihir. Kemudian Nabi saw membacakan ayat-ayat, "Dan ini bukan kata
penyihir apapun,. Itu adalah kata Ilahi disampaikan melalui Jibril"
Mendengar ayat-ayat ini Umar berdiri terpaku untuk beberapa waktu. Dalam
lubuk hatinya ia berpikir bahwa mungkin kebenaran berada dengan Muhammad (SAW).
Umar, bagaimanapun, menolak perasaan ini dan segera dia sangat memusuhi
Islam. Dia pergi ke kaum Quraish dan berpartisipasi dengan mereka. Mereka
merasa khawatir bahwa racun dari iman baru menyebar dan satu-satunya obat
adalah bahwa Muhammad (SAW) harus dibunuh. Semua yang hadir pada pertemuan
tersebut sepakat bahwa Muhammad (SAW) harus dibunuh. Kemudian pertemuan
selanjutnya mengundang relawan yang akan membunuh Nabi. Umar menawarkan diri
untuk membunuh Nabi, dan membela iman nenek moyang mereka.
Umar dan Surat Tha Ha
Suatu hari yang panas di tahun 616 Masehi, Umar membawa pedangnya dan
berangkat untuk membunuh Nabi (SAW). Di jalan, Umar bertemu Nuaim bin Abduilah.
Dia adalah teman Umar. Dia telah masuk Islam, tapi Umar tidak tahu itu.
Memperhatikan kerut kening gelap di wajahnya, Nuaim menanyakan kepada
Umar apa yang akan dia lakukan. Umar mengatakan bahwa ia akan membunuh Muhammad
(SAW), dan dengan demikian membela para Berhala Ka'bah.
Nuaim mengatakan! "Hati-hati jika Anda menyakiti Muhammad (SAW) Anda tidak akan aman dari kemarahan Bani Hasyim. Berhenti dari urusan tersebut dalam kepentingan Anda sendiri".
Nuaim mengatakan! "Hati-hati jika Anda menyakiti Muhammad (SAW) Anda tidak akan aman dari kemarahan Bani Hasyim. Berhenti dari urusan tersebut dalam kepentingan Anda sendiri".
Umar kemudian marah: "Tampaknya Anda juga telah menjadi
seorang Muslim."
Nuaim mengatakan, "Umar, jangan mengurusi tentang saya,
tapi uruslah saudara perempuan dan iparmu yang telah masuk Islam, dan yang
mungkin membaca Quran pada saat ini."
Yang membuat Umar tercengang. Bukannya pergi kepada Nabi saw, namun ia
pergi ke rumah adiknya. Saudaranya adalah Fatima dan suaminya adalah Said bin
Zaid. Umar mencintai adiknya. Dia tidak pernah berpikir bahwa saudaranya atau
iparnya akan memiliki keberanian untuk menerima Islam. Ini adalah berita yang
baru kepadanya. Dia tidak bisa percaya, tapi ia berpikir untuk memverifikasi
fakta-fakta.
Kemudian Umar melangkah ke rumah adiknya, ia menemukan bahwa baik Fatima
dan suaminya sedang membaca Al-Quran dari lembaran daun. Melihat Umar, adiknya
menyembunyikan daun itu. Fatima naik untuk menyambut kakaknya sambil tersenyum.
Tapi ada kerutan gelap pada wajah Umar. "Apa yang kau
baca", bunyi bagai guntur. "Tidak ada", jawab
Fatimah.
Umar menanya iparnya dengan suara keras dan berkata, "Jadi
Anda telah berpaling dari iman nenek moyangmu". Said membalas, "Sebaliknya
kami telah meninggalkan dusta kepada kebenaran."
Kemudian Umar hendak menyerang Said lalu Fatima mengatakan, "Jauhkan
tanganmu dari suami saya. Jika Anda punya sesuatu untuk dikatakan, katakanlah
kepada saya, tetapi tidak menyentuh suami saya." Umar bertanya, "Apakah
benar bahwa Anda telah menjadi Muslim." Dia menjawab, "Ya.
Kami telah menjadi Muslim. Anda bisa membunuh kami jika Anda suka, tapi kami
tidak akan goyah dalam iman kami".
Umar menyimpan tangannya dan menginginkan daun yang mereka baca harus
ditunjukkan kepadanya. Fatima mengatakan bahwa ia tidak bisa menyentuh daun
suci sampai ia mencuci tangannya. Umar mencuci tangan, dan daun suci itu
diserahkan kepadanya. Itu adalah Surat Tha Ha. Bunyinya:
Thaahaa
Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu (Muhammad) agar engkau menjadi susah
Melainkan sebagai peringatan bagi orang yang takut (kepada Allah),
diturunkan dari Allah yang menciptakan bumi dan langit yang tinggi,
(yaitu) Yang Maha Pengasih, yang bersemayam di atas 'Arsy
Milik-Nya-lah apa yang ada di langit, apa yang di bumi, apa yang ada di antara keduanya dan apa yang ada di bawah tanah Dan jika engkau mengeraskan ucapanmu, sungguh, Dia mengetahui rahasia dan yang lebih tersembunyi (Dialah) Allah, tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Dia, yang mempunyai nama-nama yang terbaik (Surat Tha ha Ayat 1-8).
Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu (Muhammad) agar engkau menjadi susah
Melainkan sebagai peringatan bagi orang yang takut (kepada Allah),
diturunkan dari Allah yang menciptakan bumi dan langit yang tinggi,
(yaitu) Yang Maha Pengasih, yang bersemayam di atas 'Arsy
Milik-Nya-lah apa yang ada di langit, apa yang di bumi, apa yang ada di antara keduanya dan apa yang ada di bawah tanah Dan jika engkau mengeraskan ucapanmu, sungguh, Dia mengetahui rahasia dan yang lebih tersembunyi (Dialah) Allah, tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Dia, yang mempunyai nama-nama yang terbaik (Surat Tha ha Ayat 1-8).
Setelah Umar membaca ayat-ayat itu berulang-ulang, ia merasa seolah-olah
ayat-ayat ini ditujukan kepadanya secara pribadi, dan kata misterius Ta Ha
merujuk kepada Umar. Umar bergetar dengan takut akan Tuhan, dan ia merasa
seolah-olah hati nuraninya telah menegur dia, "Umar, berapa lama Anda akan
tinggal jauh dari jalan kebenaran. Bukankah sudah tiba waktu bagi Anda untuk
mengikuti kebenaran?"
Dan kemudian Umar memutuskan bahwa ia tidak akan menyiakan waktu dalam
mengikuti kebenaran. Beralih ke adiknya dan iparnya ia berkata, "Aku
datang kepada Anda sebagai musuh Islam, saya pergi kepada Anda sebagai teman
Islam, saya bawa pedang ini untuk membunuh Nabi Islam;. Saya sekarang ingin
pergi kepadanya untuk menyatakan kesetiaan. "Fatima dan Said menangis "Allahu
Akbar".
Sebuah episode yang telah didramatisasi oleh Allama Iqbal dalam puisinya
"Rahasia Diri". Dia telah mennyeru para wanita Muslim menjadi seperti
adik Umar. Dia berkata:
"Wahai Wanita Muslim; Sirna malam menjadi pagi baru yang
menyilaukan. Untuk para pecinta Allah yang sejati, Membaca Al Qur'an Dan
antusias menerjemahkan Itu adalah semangat ke alam tindakan Tidaklah kamu
tahu bacaan tersebutBerubah sama sekali nasib Umar. "
Umar Al-Faruq
Dari rumah adiknya, Umar melanjutkan ke rumah Arqam di
kaki bukit Safa, di mana Nabi Muhammad berada. Umar mengetuk pintu rumah Arqam.
"Siapa yang datang", tanya penjaga.
"Umar bin al-Khattab". kata Umar. Sebagai penjaga mengintip melalui pintu ia melihat bahwa Umar telah memegang pedangnya. leh karena itu penjaga ragu-ragu untuk membuka pintu. Hamzah mengatakan kepada penjaga, "Buka pintu,. Jika ia datang dalam damai ia akan disambut Jika ia bertekad jahat, kita cukup untuk mengalahkan dia". Umar mengakui. Hamza menangkapnya dengan ujung jubahnya dan berkata, "Umar, apa yang membawamu kemari?" Umat Islam dengan pedang terhunus mengelilingi Umar, sehingga ia bisa dikuasai jika ia menunjukkan tanda-tanda kekerasan. Mendengar suara itu, Nabi keluar dari tempatnya. Mengatasi Hamza Nabi berkata, "Biarkan dia, Biarkan dia maju ke depan".
"Umar bin al-Khattab". kata Umar. Sebagai penjaga mengintip melalui pintu ia melihat bahwa Umar telah memegang pedangnya. leh karena itu penjaga ragu-ragu untuk membuka pintu. Hamzah mengatakan kepada penjaga, "Buka pintu,. Jika ia datang dalam damai ia akan disambut Jika ia bertekad jahat, kita cukup untuk mengalahkan dia". Umar mengakui. Hamza menangkapnya dengan ujung jubahnya dan berkata, "Umar, apa yang membawamu kemari?" Umat Islam dengan pedang terhunus mengelilingi Umar, sehingga ia bisa dikuasai jika ia menunjukkan tanda-tanda kekerasan. Mendengar suara itu, Nabi keluar dari tempatnya. Mengatasi Hamza Nabi berkata, "Biarkan dia, Biarkan dia maju ke depan".
Lalu Umar melangkah maju, Nabi berkata kepada Umar, "Berapa lama Anda akan menyimpang dari jalan Islam. Bukankan
sudah tiba waktu Anda untuk melihat kebenaran? "Umar mengatakan,
"Sesungguhnya waktunya telah tiba bagi saya untuk melihat
kebenaran. Aku datang untuk mengakui iman saya dalam Islam".
Nabi mengulurkan tangannya. Umar memegang tangan
dengan hormat dan berkata,
"Saya menyatakan bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan
bahwa Muhammad adalah utusan Allah".Dalam sukacita Muslim berteriak "Allahu
Akbar".
Nabi saw memeluk Umar. Umat Islam lainnya
memeluk Umar satu per satu. Umar adalah orang keempat puluh yang menjadi
seorang Muslim. Hari itu
bahkan Malaikat Jibrill mengucapkan selamat kepada Nabi saw atas
Islamnya Umar. Malaikat Jibril mengatakan: "Wahai Rasulullah,
penghuni di Surga bersukacita atas Islamnya Umar dan menawarkan ucapan
selamat".
Dengan sukacita telah menjadi seorang Muslim, Umar
melanjutkan ke berbagai bagian dari Mekah untuk mengumumkan bahwa ia telah
menjadi seorang Muslim. Dia pertama kali pergi ke rumah paman dari pihak ibu
Abu Jahal. Dia mengetuk pintu rumah Abu Jahal.
"Siapa yang datang", tanya
Abu Jahal. "Ini Umar", kata Umar. Abu Jahal membuka pintu dan berkata, "Selamat datang keponakanku". Umar mengatakan, "Paman
kau tahu, aku telah menjadi seorang Muslim." Abu Jahal berkata, "Jangan
bicara seperti itu. Saya tahu bahwa seorang berpandangan seperti Anda tidak
pernah bisa menjadi seorang Muslim". Umar mengatakan, "Tidak,
paman itu adalah fakta bahwa saya telah menjadi seorang Muslim." Abu Jahal kemudian berkata, "Jika apa yang kau katakan adalah benar maka terkutuklah
engkau".
Mengatakan ini Abu Jahal menutup pintu di wajah Umar. Setelah
itu Umar pergi untuk melihat beberapa kepala Quraisy lainnya. Dia mengatakan
kepada mereka tentang perpindahannya ke Islam. Seperti Abu Jahal mereka
mengutuk dia dan menutup pintu rumah mereka terhadap dirinya.
Kemudian Umar melanjutkan ke Ka'bah. Di sana ia melihat Jamil bin Ma'mar al-Jamahi yang menikmati mangabarkan laporan di Mekah. Umar mengatakan kepadanya bahwa ia telah menerima Islam. Jamil bangkit dari kakinya, dan menangis di atas suaranya:
Kemudian Umar melanjutkan ke Ka'bah. Di sana ia melihat Jamil bin Ma'mar al-Jamahi yang menikmati mangabarkan laporan di Mekah. Umar mengatakan kepadanya bahwa ia telah menerima Islam. Jamil bangkit dari kakinya, dan menangis di atas suaranya:
"Hai orang Quraisy, tahu bahwa Umar bin al Khattab telah masuk
Islam, dan murtad dari iman nenek moyangnya."
Mendengar itu beberapa pemuda Quraisy ini berkumpul di
Ka'bah. Umar mengatakan,
"Apa yang Jamil katakan tidak benar saya tidak murtad. Saya telah
melihat kebenaran dan menerima Islam".
Kemudian pemuda Quraisy bergegas menuju Umar dengan
maksud untuk mengalahkan dia. Sebuah Shaikh mengenakan jubah Yaman Al-Aas bin
Wail melewati jalan itu, dan bertanya apa yang terjadi. Quraish mengatakan
bahwa Umar telah murtad, dan mereka ingin menghukum dia untuk menyimpang dari
iman nenek moyangnya. Syaikh mengatakan,
"Seorang pria harus bebas memilih agama apa pun yang ia sukai. Mengapa
memukulinya untuk itu?"
Abu Jahal juga pada kejadian itu datang. Melihat
pemuda Quraisy, kata dia, "Saya menawarkan
perlindungan untuk keponakan saya". Umar
mengatakan, "Paman, saya tidak membutuhkan perlindungan
Anda. Bagi saya perlindungan Allah dan Nabi saw sudah cukup".
Kemudian Umar pergi ke Nabi dan mengatakan kepadanya
bahwa ia telah mengumumkan pertobatannya. Sampai sekarang mereka yang sudah
masuk Islam masuk Islam secara rahasia karena takut penindasan dari Quraisy.
Mereka juga Shalat secara rahasia. Umar berkata kepada Nabi saw: "Wahai Rasulullah apa kita tidak dalam kebenaran?". Nabi berkata, "Mengapa tidak, kita
sesungguhnya dalam kebenaran". "Lalu mengapa kita tidak shalat
di masyarakat? Bukankah waktunya tiba bagi kita untuk menyatakan iman kita
secara terbuka?" kata Umar.
Umar mencoba untuk menyatakan pada Nabi saw bahwa
kebenaran Islam harus menjadi nyata. Nabi setuju dengan Umar.Hari berikutnya
semua Muslim muncul dari rumah Arqam dan melanjutkan ke Ka'bah Suci, dalam dua
baris, satu dipimpin oleh Umar, dan yang lainnya oleh Hamza. Di Ka'bah Muslim
shalat secara terbuka. Quraisy menyaksikan Muslim shalat dan berkata, "Sesungguhnya oleh perpindahan Umar kepada Islam, umat Islam
telah mengambil balas dendam dari Quraisy".
Setelah umat Islam berdoa di Ka'bah, beliau memberikan
pada Umar gelar "Al-Faruq". Karena pada hari itu melalui upaya Umar, kebenaran
Islam telah menjadi nyata.
Umar Hijrah dari Mekah
Dalam AD 622, Nabi Muhammad saw memutuskan bahwa umat
Islam harus hijrah dari Mekah ke Madinah. Kaum Muslim diminta untuk berangkat
ke Madinah dalam rombongan.
Abu Salmah Abdullah bin Ashhal adalah Muslim pertama yang hijrah dari Mekah ke Madinah. Dia diikuti oleh Bilal dan Ammar Yasir. Setelah itu Umar hijrah dari Mekah. Sementara sebagian besar umat Islam lainnya meninggalkan Mekah secara rahasia, Umar secara terbuka menyatakan bahwa ia berangkat ke Madinah. Dia bahkan menantang Quraisy bahwa jika salah satu dari mereka memiliki keberanian untuk menghentikannya dari Hijrah ke Madinah, ia dipersilahkan untuk mengadu kekuatan dengannya. Tidak ada Quraisy Mekkah bisa memiliki keberanian untuk mencegah Hijrah Umar, dan tidak ada yang menerima tantangan untuk mengukur mengadu dengan dia.
Abu Salmah Abdullah bin Ashhal adalah Muslim pertama yang hijrah dari Mekah ke Madinah. Dia diikuti oleh Bilal dan Ammar Yasir. Setelah itu Umar hijrah dari Mekah. Sementara sebagian besar umat Islam lainnya meninggalkan Mekah secara rahasia, Umar secara terbuka menyatakan bahwa ia berangkat ke Madinah. Dia bahkan menantang Quraisy bahwa jika salah satu dari mereka memiliki keberanian untuk menghentikannya dari Hijrah ke Madinah, ia dipersilahkan untuk mengadu kekuatan dengannya. Tidak ada Quraisy Mekkah bisa memiliki keberanian untuk mencegah Hijrah Umar, dan tidak ada yang menerima tantangan untuk mengukur mengadu dengan dia.
Menurut Ibnu Asakir, Ali
mengomentari hijrah Umar dalam istilah berikut:
Aku tidak pernah tahu ada orang hijrah kecuali diam-diam
kecuali Umar, karena ia, ketika ia memutuskan hijrah, diliputi pada
pedangnya dan tersampir di atas busur dan tergenggam di tangannya panah
nya, dan pergi ke Ka'bah di mana di segi empat yang merupakan kepala dari
Quraisy, dan ia berkeliling sekitar tujuh kali, kemudian shalat dua rakaat di
Maqam Abraham, dan pergi ke masing-masing, satu per satu, dalam lingkaran
mereka dan berkata, Semoga wajahmu menjadi busuk seperti keinginan ibunya, dia
akan berduka dan anaknya dibiarkan yatim piatu dan istrinya janda," dan
jika ada seorang yang seperti itu, Umar berkata "Biarkan dia temui aku di
belakang lembah ini," tapi tidak ada yang mengikutinya.
Dalam Sahih Bukhari disebutkan bahwa sekitar dua puluh
Muslim disertai Umar pada kesempatan hijrah dari Mekkah. Sahabatnya termasuk
Zaid bin Khattab saudara Umar; Said bin Zaid, keponakan dari Umar dan Khunais
bin Hudhaifah menantu Umar (suami Hafsa). Orang lain yang menemani Umar
termasuk: Amr bin Suraqah; Abdullah bin Suraqah; Waqid bin Abdullah
Tamimi; Khaula bin Abi Khaula;
Malik bin Abi Khallla; Ayas bin Bukair;
Aqil bin Bukair; Amir bin Bukair dan Khalid bin Bukair.
Ayyash bin Abu Rabiah al-Makhzumi dan
Hisham bin Al-Aas bin Wail al-Sahmi juga
memutuskan untuk hijrah dengan Umar. Mereka membuat janji untuk bertemu di
pohon duri Bani Ghifar sekitar sepuluh mil dari Mekah. Diputuskan bahwa jika
salah satu dari mereka gagal untuk muncul di tempat yang ditunjuk sebelum
matahari terbit pada hari keberangkatan yang ditetapkan dinyatakan bahwa ia
tidak datang dan telah ditahan oleh pasukan.
Umar dengan teman-temannya dan Ayyash tiba di tempat
pertemuan yang ditunjuk sesuai jadwal. Hisham tidak muncul dan kemudian ditahan
oleh Quraish.
Rombongan ini tiba di Quba di pinggiran Madinah dan di
sana mereka tinggal dengan Banu Amr bin Auf.
Suatu hari Abu Jahal dan al-Harits naik ke Quba dan
mencari Ayyash yang sepupu mereka. Mereka mengatakan kepada Ayyash bahwa ibunya
telah bersumpah bahwa dia tidak akan menyisir rambutnya, atau berlindung dari
matahari sampai ia melihat Ayyash.
Umar mengatakan kepada Ayyash bahwa ini hanyalah
sebuah upaya untuk merayunya dari agamanya. Umar menambahkan bahwa jika kutu
mengganggu ibunya maka dia akan sisir sendiri rambutnya, dan jika panas Mekah
menindas, akan berlindung dirinya.
Tapi Ayyash merasa cenderung untuk pergi. Dia berkata:
"Saya mungkin pergi untuk sementara waktu. Aku akan membersihkan
ibu saya dari sumpahnya. Saya juga ada beberapa uang untuk diambil dari
orang-orang di Mekah yang saya ingin mendapatkan."
Umar berkata: "Saya
salah satu yang terkaya dari Quraisy dan jika Anda tidak pergi dengan mereka,
Anda mungkin memiliki sebagian dari uang saya." Ayyash, bagaimanapun, tetap bertahan di keinginannya
untuk pergi ke Mekkah sekali.Kemudian Umar berkata:
"Jika Anda harus pergi, kemudian ambil unta ini dari saya.
Dia dibesarkan dengan baik dan mudah untuk dinaiki. Jangan turun, dan jika pada
setiap tahap Anda menduga mereka berkhianat, Anda mungkin bisa melarikan diri
dengan unta ini. "
Kemudian Ayyash pergi ke mekkah dengan membawa unta
dari Umar. Setelah mereka melanjutkan beberapa jarak, Jahal berkata kepada Ayyash:
"Saya menemukan tunggangan saya sulit untuk dinaiki. Apakah
Anda tidak mau mengangkut saya di belakang Anda?"
Ayyash setuju, dan ketika mereka membuat unta mereka berlutut untuk membuat pengkhianatan, Abu Jahal dan al-Harits menindih Ayyash dan membelenggunya aman. Mereka membawanya ke Mekah terikat dan berkata:
Ayyash setuju, dan ketika mereka membuat unta mereka berlutut untuk membuat pengkhianatan, Abu Jahal dan al-Harits menindih Ayyash dan membelenggunya aman. Mereka membawanya ke Mekah terikat dan berkata:
"Wahai pria Mekah uruslah orang bodoh ini Anda seperti yang
kami telah lakukan dengan orang bodoh ini". Ketika Nabi Muhammad tiba di Madinah dan mengetahui
bagaimana Hisham telah ditahan dan bagaimana Ayyash telah diculik, ia berkata "Siapa yang akan membawa kepada saya Ayyash dan Hisyam?"
Al-Walid bin al-Mughira sukarela untuk melakukan misi.
Al-Walid pergi ke Mekah dan di sana ia datang untuk mengetahui bahwa Hisham dan
Ayyash disimpan dalam tahanan di sebuah rumah yang tidak memiliki atap. Suatu
malam al-Walid naik dinding dan melepaskan para tahanan yang di belenggu.
Al-Walid memotong belenggu dengan pedangnya. Kemudian al-Walid memimpin Ayyash
dan Hisyam ke Madinah.
Hari Pertama Umar Di Madinah
Setelah tiba di kawasan Madinah, Umar dan rombongannya
memilih untuk tinggal di Quba, pinggiran Madinah. Umar bersama sekitar dua
puluh orang dengan dia termasuk saudaranya Zaid, Khunais bin Hudaifah
anak-iparnya; Waqid bin Abdullah al Tamimi, dan Ayyash. Di Quba Umar dan
rombongannya adalah tamu dari Rifa'a bin Abdul Mundzir dari Bani Amr. Umar
dan rombongannya ditampung dalam rumah tersendiri dan mereka dapat tinggal
dengan nyaman. Sudah ada masjid di Quba dan di sini Umar Shalat pada waktu yang
ditunjuk.
Di Quba semua Muslim menunggu dengan penuh semangat kedatangan Nabi Muhammad. Pihak laki-laki akan pergi keluar untuk beberapa jarak pada rute Mekah Madinah dan ada menunggu Nabi yang akan datang. Beberapa hari berlalu dan Nabi tidak datang. Umar merasa gelisah dan ia berpikir untuk pergi ke Mekkah untuk memastikan mengapa Nabi itu terlambat datang.
Kemudian satu siang Nabi disertai dengan Abu Bakar tiba di Quba. Ketika mereka tiba-orang berkerumun kepada mereka. Sebagaimana orang-orang yang tidak melihat Nabi sebelumnya, sulit bagi mereka untuk mengetahui siapa yang keluar dari dua adalah Nabi. Melihat keadaan ini orang-orang, Abu Bakar berdiri dan melindungi Nabi dengan jubahnya. Umar tiba di tempat dan bergegas untuk menjemput Nabi saw. Nabi memeluk Umar dan para pemimpin Quba yang pernah datang ke mekah.
Di Quba semua Muslim menunggu dengan penuh semangat kedatangan Nabi Muhammad. Pihak laki-laki akan pergi keluar untuk beberapa jarak pada rute Mekah Madinah dan ada menunggu Nabi yang akan datang. Beberapa hari berlalu dan Nabi tidak datang. Umar merasa gelisah dan ia berpikir untuk pergi ke Mekkah untuk memastikan mengapa Nabi itu terlambat datang.
Kemudian satu siang Nabi disertai dengan Abu Bakar tiba di Quba. Ketika mereka tiba-orang berkerumun kepada mereka. Sebagaimana orang-orang yang tidak melihat Nabi sebelumnya, sulit bagi mereka untuk mengetahui siapa yang keluar dari dua adalah Nabi. Melihat keadaan ini orang-orang, Abu Bakar berdiri dan melindungi Nabi dengan jubahnya. Umar tiba di tempat dan bergegas untuk menjemput Nabi saw. Nabi memeluk Umar dan para pemimpin Quba yang pernah datang ke mekah.
Nabi tinggal di Quba selama beberapa hari dan memimpin
shalat di masjid. Kemudian Nabi melanjutkan ke Madinah. Umar diikuti dalam
kereta Nabi Muhammad. Di Madinah Nabi dan kaum Muhajirin dari Mekah diberi
penerimaan seperti kerajaan. Gadis-gadis dari Madina dipasang pada atap rumah
mereka dan bernyanyi:
Bulan purnama telah muncul pada kami Dari Thaniyat il-Wada '. Berterima
kasih adalah tugas kita Selama ini kita memohon kepada Allah. Ya Engkau telah
dikirim ke antara kita,
Engkau telah membawa sebuah perintah yang harus dipatuhi!
Engkau telah membawa sebuah perintah yang harus dipatuhi!
Dunia Madinah sangat berbeda dari dunia Mekkah. Di
Mekah kaum Muslim dianiaya; di Madinah mereka adalah tuan dari nasib mereka.
Kehidupan di Madinah adalah istirahat dari masa lalu. Hari-hari pencobaan,
ujian dan penyiksaan yang lebih; mereka sekarang ditetapkan pada jalur
pemenuhan. Mereka sekarang membangun persemakmuran baru dan masyarakat ideal
yang baru.
Di Madinah, Nabi saw memiliki masjid yang dibangun. Nabi sendiri berpartisipasi dalam pembangunan masjid Umar diperintahkan untuk pergi setiap hari dari Quba ke Madinah untuk berpartisipasi dalam pembangunan masjid. Sebagaimana Muslim bekerja mereka meneriakkan:
Di Madinah, Nabi saw memiliki masjid yang dibangun. Nabi sendiri berpartisipasi dalam pembangunan masjid Umar diperintahkan untuk pergi setiap hari dari Quba ke Madinah untuk berpartisipasi dalam pembangunan masjid. Sebagaimana Muslim bekerja mereka meneriakkan:
"Tidak ada kehidupan kecuali kehidupan akhirat, Ya Allah kasihilah
para Muhajirin dan Anshar. "
Untuk menyatukan Muhajirin dari Mekah dengan
masyarakat Madina, Nabi saw mendirikan sebuah persaudaraan di kalangan
umat Islam dari Mekah dan orang-orang dari Madinah, dimana setiap Muhajirin
dipasangkan dengan Ansar dari status yang bersangkutan. Persaudaraan yang
didirikan berbeda dalam sejarah umat manusia. Begitu kuat dan ramah hubungan
ini bahwa bahkan melampaui hubungan darah. Dalam gulungan
persaudaraan ini, Umar dipasangkan dengan Itban bin Malik dari Bani
Al-Khazraj.
Iklim Mekah kering, tapi iklim Madinah basah.
Perubahan berdampak buruk terhadap kesehatan Muhajirin. Setibanya di Madinah
sebagian besar Muhajirin jatuh sakit, Umar diberkati dengan fisik yang kuat,
dan dia adalah salah satu dari beberapa Muhajirin yang tidak
menderita akibat perubahan iklim.
Di Mekah Umar adalah seorang pedagang. Dia telah
membawa jumlah yang cukup dengan dia dari Mekah. Di Madinah ia memulai bisnis
dari awal. Dia memiliki tokonya di Quba dan dari sana barang dipasok ke pasar
di Madinah. Tidak ada rincian tentang bisnis Umar yang tersedia. Umar adalah
seorang pengusaha yang cerdas, dan kami memiliki alasan untuk percaya bahwa
bisnisnya berkembang di Madinah seperti yang terjadi di Mekah. Setelah
menjalankan bisnis, Umar menghabiskan waktu luangnya bersama Nabi. Nabi berkonsultasi
kepada Abu Bakar dan Umar untuk semua hal-hal penting. Ketika Abu Bakar dan
Umar diadakan pandangan yang berbeda mengenai suatu hal, beliau mengambil kedua
pandangan menjadi pertimbangan sebelum mengambil keputusan. Kemudian Abu Bakar
dan Umar menyetujui titik pandangan yang selalu diberikan oleh Nabi saw.
Kita mendapatkan pada tulisan Abdur Rahman bin Ghanam
bahwa Nabi berkata kepada Abu Bakar dan Umar bahwa "jika Anda berdua telah menyepakati perundingan, saya tidak akan
menentangnya". (Suyuti 'History of the Khalifah').
Umar pada Pertempuran Badar
Pertempuran pertama antara Muslim dan Quraisy Mekah
berlangsung di Badar enam puluh mil dari Madinah pada rute perdagangan ke
Suriah. Sebuah wahyu ilahi telah mempersiapkan umat Islam untuk Jihad. Wahyu
adalah:
"Dan perangilah di jalan Allah, dengan orang-orang yang memerangi
kamu, tetapi janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak
menyukai orang yang melampaui batas."
Itu adalah hari yang dingin di bulan Januari 624
Masehi ketika Nabi dan pasukannya mencapai lembah Badar. Intelijen membawa
berita bahwa tentara Quraisy itu berkemah di luar bukit pasir di ujung dataran
sempit.
Kaum Muslim bergegas untuk mengambil kepemilikan
untuk satu satunya aliran air di lembah itu. Kaum Muslim berdoa kepada Tuhan
untuk pertolongan. Nabi berdoa,
"Ya Tuhan, kami memohon bantuan sebagaimana janji-Mu , jika
kaum kecil ini binasa. Tidak akan ada lagi yang menyembah-Mu"
Tentara Muslim terdiri dari 313 laki-laki. Mereka
hanya memiliki dua kuda dan 70 unta. Tentara Quraisy terdiri dari
seribu orang, dan mereka memiliki kavaleri dari 200 pasukan berkuda dan 100
ekor unta. Para Muslim berperlengkapan tidak memadai, tetapi Quraish
bersenjatakan lengkap.
Pertempuran dimulai pada pagi hari. Tentara dari
Quraisy melangkah maju dan meneriakan penghinaan dan pelanggaran pada Muslim.
Kaum Muslim menjawab dengan teriakan "Allahu
Akbar."
Kemudian tiga dari pemimpin Quraisy Utba, Shaiba, dan
Walid melangkah maju dan menantang umat Islam untuk Duel. Tantangan itu
diterima oleh Ali, Ubaida, dan Hamza atas nama Muslim. Dalam duel yang diikuti
Ali membunuh Walid; Ubaida membunuh Shaiba; dan Hamza membunuh Utba.
Tentara Quraisy tertegun saat kematian tiga pemimpin yang dipilih mereka.
Kemudian pertempuran umum dimulai. Tanah di mana umat
Islam berdiri keras dan kokoh adalah tanah bukit miring, sedangkan Quraish
berkemah di tanah berpasir. Hujan jatuh pada malam sebelumnya. Ini telah
melunakan tanah di mana Quraisy berdiri dan mengeraskan tanah di bawah Muslim.
Quraisy menemukan tanah sulit untuk diinjakk, dan ini adalah masalah besar bagi
mereka. Quraisy terputus dari seluruh air, sebagai satu-satunya sungai dan
sumber air dikuasai Muslim. Ketika pertempuran dimulai matahari menyorot ke
prajurit Quraisy, yang membuat bingung mereka. Umat Islam berjuang
dengan matahari di belakang mereka, dan ini adalah keuntungan besar bagi Umat
Muslim.
Ketika pertempuran itu pada puncaknya, Nabi mengambil
segenggam kerikil dan melemparkannya ke arah musuh mengatakan, "Kebingungan merebut mereka!"
Dan kemudian badai debu muncul. Ini meniup ke wajah
para prajurit Quraisy. Pada tahap ini Nabi saw memerintahkan penyerangan. Umat Islam bergegas maju
diselimuti di puncak badai debu. Segera Quraisy kesulitan untuk lari.
Pertempuran berakhir dalam kemenangan bagi umat Islam. Tujuh puluh orang dari
Quraisy terbaring mati di medan perang. Hanya empat belas Muslim mati syahid.
Tujuh puluh orang dari kalangan Quraisy ditangkap hidup-hidup. Sisa dari
Quraisy lolos dan melarikan diri ke Mekkah. Rampasan umat Islam yang mampu
diambil terdiri 11 ekor unta, 14 kuda, dan peralatan yang cukup dan baju besi.
Sepanjang pertempuran ini Umar adalah tangan kanan
dari Nabi saw. Di antara Quraisy yang mengambil bagian dalam pertempuran dan
semua suku Quraisy diwakili, kecuali Bani Adi suku yang milik Umar. Tidak ada
orang dari Bani Adi berperang melawan Muslim di perang Badar, dan ini dikaitkan
dengan penghormatan besar kepada Umar oleh sukunya. Di sisi lain banyak orang
Bani Adi yang telah masuk Islam berjuang di sisi kaum muslimin di bawah
kepemimpinan Umar.
Di antara Quraisy yang berperang melawan Muslim adalah
Asi bin Hisyam bin Mughirah terhormat Quraish. Dia adalah saudara dari ibu Umar
dan paman dari pihak ibu. Umar menyatakan bahwa semua hubungan hubungan sudah
tidak ada di antara umat Islam dan kaum musyrik. Dia memilih paman dari pihak
ibunya itu dan membunuhnya dalam pertempuran.
Orang pertama yang menjadi syahid dalam pertempuran
itu Mahja, hamba Umar, sehingga Umar meraih kehormatan bahwa Muslim pertama
yang menjadi syahid di jalan Islam adalah seorang budak miliknya.
Umat Islam kembali ke Madinah bersama dengan para tawanan
Quraish. Keluar dari tahanan banyak yang bangsawan Quraisy terkemuka. Ini
termasuk Abbas paman Nabi; Aqil saudara Ali; Abul Aas dan Walid bin al-Walid.
pandangan kepada kepala suku ini saat datang sebagai tahanan begitu rendah hati
sangat menyentuh. Nampak oleh mereka Saudah istri Nabi mengamati, "Anda datang sebagai tahanan, mengapa kau tidak mati di medan
tempur?"
Nabi berkonsultasi sahabatnya bagaimana tawanan
tersebut harus dirawat. Umar mengambil garis yang kuat dan mendesak bahwa
kecuali orang-orang ini menerima Islam mereka harus dibunuh. Dia menyarankan
bahwa setiap Muslim harus membunuh kerabat sendiri di antara tahanan; bahwa
Hamzah harus membunuh Abbas dan Ali harus memutuskan kepala Aqil.
Abu Bakar mengambil garis lebih lembut. Dia
menyarankan bahwa mereka harus dibebaskan dengan uang tebusan. Nabi saw mengatakan bahwa sebagaimana
telah diberikan Allah kepada mereka kemenangan, itu perlu bagi mereka untuk
menunjukkan belas kasihan kepada musuh yang jatuh. Nabi oleh karena itu,
sepakat untuk mengatur tawanan sebagai tebusan gratis.
Umar dan Tawanan Perang Badar
Tentang nasib para tawanan Badar, Abu Bakar dan Umar
berpandangan berbeda. Abu Bakar mengambil pandangan lunak, sementara Umar
mengambil pandangan tegas. Setelah
mempertimbangkan kedua pandangan, Nabi berkata: "Allah SWT
melembutkan hati beberapa orang-lembut dari susu. Dan Dia mengeras hati beberapa
orang-keras daripada batu.
Beralih ke Abu Bakar yang telah menasihati pandangan
lunak, Nabi saw berkata:
"Abu Bakar Anda seperti Abraham yang mengatakan, "Dia yang
mengikuti saya adalah salah satu dari kami, dan dia yang tidak menaati saya,
maka ya Allah, Anda cukup murah hati untuk memaafkan". Dan Abu Bakar Anda
juga seperti Isa (Yesus) yang mengatakan, " Jika Anda menghukum mereka,
mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Anda memaafkan mereka, Sesungguhnya
Engkau Berkuasa, Maha Perkasa dan Maha Bijaksana. "
Beralih ke Umar, Nabi saw berkata:
Umar, Anda seperti Nuh yang mengatakan, "Ya Allah, jangan
tinggalkan satupun di bumi ini yang tidak beriman." Dan Umar Anda juga
seperti Musa yang mengatakan, "Ya Allah menghancurkan milik mereka dan
keraskan hati mereka sehingga mereka tidak bertobat sampai mereka menderita
hukuman. "
Nabi menerima saran dari Abu Bakar dan bertindak
sesuai.
Keesokan harinya, Umar mengunjungi Nabi, dan melihat
bahwa keduanya yaitu Nabi dan Abu Bakar menangis. Umar mendatangi Nabi dan mengatakan: "Apa
yang membuat Anda menangis. Katakan padaku, sehingga jika ada masalah yang akan
berduka atas, saya juga menangis dengan Anda." Nabi mengatakan:
"Umar, tidak ada bagi Anda untuk menyesali. Di sisi lain Anda harus
bersukacita bahwa Allah telah menguatkan pandangan yang Anda telah ambil
tentang tawanan Badar, dan menegur mereka yang telah mengambil pandangan yang
bertentangan."
Keingintahuan Umar terbangun dan ia ingin tahu apa
sebenarnya adalah wahyu. Nabi saw membacakan ayat-ayat yang telah terungkap:
"Tidak patut bagi seorang nabi mempunyai tawanan sebelum ia dapat
melumpuhkan musuhnya di muka bumi. Kalian menghendaki harta benda duniawiah, sedangkan
Allah menghendaki (pahala) akhirat (untuk kalian). Dan Allah Mahaperkasa lagi
Mahabijaksana. "(8:67)
Umar dan Umair bin Wahab
Umair bin Wahab adalah salah satu pemimpin dari
Quraisy Mekkah yang menganiaya Nabi dan para sahabatnya saat di Mekkah, dan
menyebabkan mereka cukup tertekan.
Dalam perang Badar banyak kerabat Umair tewas, dan
salah seorang putranya Wahab yang ditahan.
Setelah perang Badar, sementara satu hari Abu Sufiyan
dan Umair duduk di Ka'bah di Mekah dan bertukar pandangan tentang perang Badar,
Abu Sufiyan mengacu pada kegagalan Quraisy berkata, "Demi Allah, tidak ada yang baik dalam kehidupan
mereka yang mati. " Kata
Umair.
"Anda benar. Kalau bukan karena utang yang luar biasa terhadap saya yang saya tidak bisa tagih, dan keluarga saya tidak mampu untuk meninggalkan sesuatu yang tersedia, saya akan naik ke Madinah dan membunuh Nabi."
"Anda benar. Kalau bukan karena utang yang luar biasa terhadap saya yang saya tidak bisa tagih, dan keluarga saya tidak mampu untuk meninggalkan sesuatu yang tersedia, saya akan naik ke Madinah dan membunuh Nabi."
Abu Sufyan mengatakan, "Jika
Anda memiliki pemikiran yang mulia itu saya berjanji untuk melepaskan utang
Anda. Saya juga berjanji untuk mengurus keluarga Anda, dan semua yang saya
miliki akan menjadi milik mereka."
Fakta itu melanda, dan Umair melakukan untuk pergi ke
Madinah dan membunuh Nabi. Umair mengambil pedangnya, diasahnya pedang itu,
dioleskan dengan racun dan pergi ke Madinah.
Suatu hari saat berada di masjid Nabi di Madinah, Umar
sedang berbicara dengan beberapa teman-temannya tentang perang Badar dan
menyebutkan bagaimana Allah telah menghormati mereka dalam memberikan mereka
kemenangan atas Quraisy, ia tiba-tiba melihat Umair turun di pintu masjid,
diliputi dengan pedangnya.
Melihat dia, Umar berkata, "Anjing ini musuh Allah adalah Umair bin Wahab. Demi Allah ia
telah datang dengan beberapa tujuan jahat." Kemudian Umar pergi kepada Nabi dan berkata "Wahai
Rasulullah! Musuh Allah ini, Umair bin Wabb, telah datang diliputi dengan
pedangnya.
Nabi saw meminta Umar untuk membiarkan Umair datang. Umar datang ke Umair, dan mengalungkan
sabuk dan dicengkeramkan dia putaran lehernya. Ia menyeru umat Islam yang
berada di masjid, dan meminta mereka untuk duduk di sekitar Nabi saw dan
menonton bajingan Umair dengan hati-hati karena ia tidak bisa dipercaya.
Ketika Nabi melihat Umar mengalungkan sabuk di putaran
leher umair dia mengatakan kepada Umar untuk meningalkan Umair dan membiarkan
dia maju.
Umair datang dan menurut cara kafir mengatakan, "Selamat pagi." Nabi
berkata, "Allah telah menghormati kita dengan bentuk yang lebih
baik dari ucapanmu Ya Umair. Ini adalah 'Salaam', ucapan para penduduk
surga."Setelah beberapa saat, Nabi
bertanya pada Umair apa yang telah membawanya ke Madinah. Umair berkata, "Aku datang tentang
pelepasan anak saya." "Lalu mengapa kau membawa pedang di
leher Anda,"tanya Nabi. Umair berkata,
"Sialan pedang ini. Bukankan ia juga ada gunanya?" "Apa yang telah membawa Anda?" tanya Nabi lagi. Umair
mengatakan bahwa ia datang untuk membebaskan anaknya. Nabi berkata, "Apakah Anda tidak
membuat perjanjian dengan Abu Sufyan? Apakah dia tidak melakukan tanggung jawab
untuk melepaskan utang Anda dan menjaga keluarga Anda? Apakah Anda tidak
mempertajam pedang dan mengoleskannya dengan racun?"
"Sudah cukup" kata
Umair, "Semua ini adalah rahasia tak diketahui
seorangpun. Tuhan sajalah seharusnya yang memberitahu Anda. Anda sesungguhnya
adalah Utusan Allah".
Kemudian Umair menyatakan iman dan masuk Islam.
Anaknya dibebaskan, dan dia juga masuk Islam.
Setelah itu Umair kembali ke Mekah, dan ia menyeru
Quraisy kepada Islam dan itu adalah iman yang benar.
Umar dan Adzan
Adzan Panggilan Untuk Shalat
Ketika itu Nabi menetap di Madinah, beberapa reformasi
dasar diperkenalkan. Ini termasuk tuntunan shalat, pengambilan sedekah,
perintah puasa, hukuman hukuman; dan juga halal dan haram.
Pada hari-hari pertama adalah bahwa umat beriman berkumpul di masjid untuk shalat pada waktu yang ditentukan atas kemauan sendiri tanpa dipanggil. Nabi, bagaimanapun, merasa bahwa dengan penyebaran Islam, dan pertumbuhan jumlah umat Islam, beberapa metode untuk pemanggilan umat beriman untuk berdoa harus dibuat.
Pada hari-hari pertama adalah bahwa umat beriman berkumpul di masjid untuk shalat pada waktu yang ditentukan atas kemauan sendiri tanpa dipanggil. Nabi, bagaimanapun, merasa bahwa dengan penyebaran Islam, dan pertumbuhan jumlah umat Islam, beberapa metode untuk pemanggilan umat beriman untuk berdoa harus dibuat.
Pada awalnya Nabi berpikir untuk menggunakan terompet
untuk memanggil umat Islam untuk doa sebagai orang Yahudi lakukan. Pada pikiran
kedua ia merasa bahwa itu tidak akan dianjurkan untuk meniru orang-orang Yahudi.
Kemudian ide terpikir olehnya bahwa genta harus dipukuli untuk memanggil umat
beriman ke masjid.
Suatu malam pendamping Abdullah bin Zaid memiliki
mimpi yang menunjukkan jalan bagi pemanggilan umat Islam untuk doa Abdullah
datang kepada Nabi Suci dan diriwayatkan mimpinya dalam istilah berikut:
"Dalam mimpi itu saya melihat seorang suci mengenakan pakaian
hijau. Dia memegang genta di tangannya. Saya memintanya untuk menjual genta
kepada saya. Dia bertanya apa untuk saya butuhkan genta, dan saya mengatakan
kepadanya bahwa saya perlu untuk memanggil Muslim untuk shalat. Dia mengatakan
bahwa genta tidak akan sesuai. Saya kemudian memintanya untuk metode apa yang
harus dilakukan, dan dia berkata 'Mari seseorang dengan suara nyaring berdiri
di tempat yang sesuai di masjid, dan memberikan panggilan 'Allah Maha Besar.
Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Aliah. Marilah Shalat. "
Mimpinya sampai kepada Nabi Muhammad. Ketika itu
adalah waktu untuk shalat, Nabi memanggil Bilal dan memintanya untuk memberikan
panggilan untuk shalat, dalam hal sesuai formula yang ditunjukkan oleh Abdullah
bin Zaid.
Sebagaimana adzan nyaring bergema di kota Madinah,
umat beriman merasa gembira dan tersentuh, dan mereka bergegas ke masjid dalam
menanggapi panggilan. Umar mendengar panggilan di rumahnya, dan ia bergegas ke
masjid menyeret jubahnya di tanah. Dia menunggu Nabi, dan bertanya bagaimana
azan telah terjadi padanya. Nabi kemudian menceritakan mimpi Abdullah bin Zaid,
dan menambahkan bahwa ia menerimanya, dan menjalankan
adzan sesuai yang diberikan. Umar mengatakan bahwa dia juga memiliki
mimpi yang sama, tapi senang bahwa Abdullah bin Zaid telah menyatakannya. Umar
mengatakan bahwa namun ada satu perbedaan antara yang diusulkan oleh Abdullah
dan salah satu yang ia dengar dalam mimpinya. Nabi saw cemas bertanya apa
bedanya. Umar berkata:
"Menurut panggilan dari Abdullah bin Zaid kita hanya menyaksikan
bahwa tidak ada Tuhan selain Allah. Dalam panggilan yang saya dengar dalam
mimpi saya ada juga kata-kata 'Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.
Kemudian Nabi saw memerintahkan Bilal bahwa dalam
azan, pernyataan "Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah"
harus dimasukkan.
Beralih ke Abdullah bin Zaid dan Umar, Nabi berkata,
"Segala puji bagi Allah. Ada orang orang di antara pengikut saya,
kepadanya kebenaran terungkap dalam mimpinya."
Ketika Umar Memenggal Pria yang
Mengajukan Keberatan Padanya
Ketika Nabi saw datang ke Madinah semua orang kecuali
orang-orang Yahudi masuk Islam. Kebanyakan dari mereka adalah tulus dan
sungguh-sungguh dalam iman mereka dalam Islam. Beberapa dari mereka dengki
kepada Islam yaitu munafik dan menikmati kegiatan memusuhi Islam. Ada beberapa
di antara mereka duduk bermalasan dan yang tidak sepenuhnya menyadari semangat
Islam atau status kenabian.
Hal ini dicatat pada tulisan Abul Aswad bahwa dua
orang dari Madina yang mengaku Islam tapi tidak menyadari signifikansi penuh,
memiliki perselisihan di antara mereka sendiri dan membawa hal tersebut kepada
Nabi saw untuk keputusan. Setelah mendengar kedua belah pihak, Nabi memberi
keputusannya mendukung satu orang. Orang lain merasa tidak puas, dan keduanya
pergi ke Umar dan orang yang dirugikan mengajukan banding Umar terhadap
keputusan Nabi.
Setelah mendengar kedua belah pihak, Umar berkata
kepada orang yang telah mengajukan banding:
"Jadi Anda tidak puas dengan keputusan Nabi, dan ingin aku
membalikkan keputusannya"
"Ya, memang begitu,"
kata pria itu "Dan
apakah Anda seorang Muslim," tanya
Umar. Pria itu berkata, "Ya, benar." Kemudian Umar berkata, "Tunggu sebentar.
Aku akan segera memberikan keputusan saya yang akan memuaskan Anda." Umar masuk ke dalam rumah dan membawa pedangnya.
Dengan pedang Umar memukul pemohon dan mengatakan,
"Celakalah kamu, Anda menganggap diri Anda seorang Muslim dan
memilih untuk menarik saya terhadap keputusan Nabi. Anda adalah seorang kafir,
dan hukuman untuk perselingkuhan Anda adalah kematian.
Pria lainnya pergi ke Nabi dan mengeluh bahwa Umar
telah membunuh temannya.
Nabi memanggil Umar dan meminta penjelasan. Umar
mengatakan, "Orang itu ingin aku mendengar banding
terhadap keputusan Nabi, dan untuk kelancangan ini dia pantas hukuman
mati."
Nabi menangguhkan keputusan untuk kasus ini sampai
Allah memberi cahaya pada masalah ini.
Segera Allah mengungkapkan bahwa ia yang tidak memiliki
kepercayaan terhadap Nabi. Tindakan Umar seperti itu membunuh orang yang telah
menyatakan pengingkaran iman kepada Nabi saw.
Nabi sesuai yang diriwayatkan membebaskan Umar dari
tuduhan membunuh seorang mukmin.
Bersambung…
http://jirimmemorial.blogspot.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar